Broadcasting dalam Ilmu Komunikasi

PENTING GA SIH BROADCASTING ITU??

Pastinya penting banget doongg!! Kenapa?
Karena broadcasting itu suatu proses pengiriman sinyal ataupun pesan ke berbagai lokasi secara bersamaan baik melalui satelit, radio, televisi, komunikasi data pada jaringan dan lain sebagainya.
Komunikasi juga dapat didefinisikan sebagai proses penyampaian ide, gagasan atau opini dari seseorang yang disebut komunikator yang ditujukn kepada sejumlah sasaran dalam hal ini adalah komunikan. Nah, secara umum broadcasting itu sendiri juga merupakan sajian program acara dalam proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk atau menggiring audiens untuk menghibur dan mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak penyiaran.
Didalam broadcasting juga memperdalam ilmu kemasyarakatan, artinya bagaimana cara kita untuk terjun langsung dan berhadapan dengan masyarakat luas. Jadi, ruang lingkup broadcast itu, meliputi :
·         Presenter
·         Kameramen
·         Wartawan media
·         Dunia perfilm-an, seperti : sutradara, produser, editing, dll.
Seperti kita ketahui bahwa media adalah suatu alat yang menghubungkan kita dengan dunia luar. Tanpa media, kita itu akan sulit mengetahui apa yang sedang terjadi di sekeliling kita. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa media adalah seumber informasi utama bagi semua orang didunia.
MEDIA ONLINE
Kelebihan (+) :
1.      Praktis dan fleksibel, alasannya? Karena media online itu dapat diakses dari mana saja dan kapan saja yang kita mau.
2.      Audio visual, kenapa? Karena media online juga mempunyai audio visual dengan melakukan streaming.
3.      Sangat cepat, dari segi waktu media online sangat cepat dalam menyampaikan suatu berita.
Kekurangan (-) :
1.      Tidak terjangkau luas, karena belum semua lapisan masyarakat bisa menikmati layanan media online.
2.      Tidak selalu tepat, karena mengutamakan kecepatan berita yang dimuat di media online biasanya tidak seakurat di media lainnya.
Laluuuu, permasalahan yang dihadapi adalah, saat ini media online belum bisa menjangkau semua lapisan masyarakat. Jadi hanya beberapa kalangan tertentu yang bisa mengakses informasi melalui media online ini. Mungkin sekarang sudah lebih maju karena msyarakat lapisan bawah yang selama ini menjadi masyarakat minoritas pengakses media online, jumlahnya sudah meningkat. Namun masih ada kendala yang lain, apa itu? Yaitu keterbatasan Sumber Daya Manusia mereka, yang hanya bisa mengakses beberapa informasi kecil atau hanya sekedar chatting dan membuka situs jejaring sosial.


Btw, disini aku bakal ngejelasin broadcasting melalui Televisi.
Televisi sebagai media elektronik itu merupakan media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dalam memperoleh informasi. Selain karena informasi yang ditampilkan berupa audio visual, televisi bisa menayangkan informasi secara serempak. Televisi juga dapat menjangkau banyak masyarakat karena untuk dapat menikmati semua acara tayangan yang ada di televisi. Nah, agar sebuah program televisi dapat mencapai sasaran penonton yang diinginkan, maka harus dilakukan beberapa tahapn produksi televisi sebelum kita membuat sebuah program televisi. Jadi tahapan produksi itu ada 9, yaitu :
1.      Membuat tujuan dari produksi
2.      Menganalisa target penonton
3.      Lihat kembali program sejenis yang sudah ada sebelumnya
4.      Membuat proposal program
5.      Membuat pengaturan jadwal/schedule
6.      Memilih lokasi
7.      Memilih pemeran dan peralatannya
8.      Memulai latihan dan shooting
9.      Pasca produksi
Paling segitu dulu aja kali eaaaa, next blog akooo jelasin lagi yang lainnyaa, thank you yang sudah mau meluangkan waktu nya untuk membaca.

Komentar

Postingan Populer